Petani Garam Tagih Janji Kenaikan Harga

  • Whatsapp
Petani garam di Kabupaten Sampang masih khawatir terkait adanya pembatasan penyerapan garam rakyat. (Foto: Jamaluddin)

KABAR SAMPANG | Hingga saat ini, belum ada kepastian kenaikan harga garam di Kabupaten Sampang. Padahal, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sampang berjanji akan menginformasikan kenaikan harga terhadap petani garam. Namun, tidak kunjung ada kepastian. Sebab, jika mengacu pada cuaca pengelolaan garam sangat menjanjikan.

Hanya saja, harga yang tidak bersahabat dengan petani garam. Sehingga, meski pengelolaan sudah optimal dengan hasil garam berkualitas, petani enggan mengeluarkan garamnya. Bahkan, banyak petani yang mulai pupus mengelola lahan garamnya. Hal tersebut diungkapkan Ainur Rido warga Kelurahan Polagan Sampang, Senin (12/7/2021).

Bacaan Lainnya

Sebab, untuk mengelola lahan garam butuh biaya cukup banyak. Sedangkan, harga garam masih murah. Sehingga, menjadi pertimbangan para petani garam untuk kembali eksis melakukan penggaraman. Mirinys, hasil penjualan garam dengan harga Rp21 ribu dalam satu karung tidak sebanding dengan proses kerjanya.

“Saya harap, informasi kenaikan itu segera dipastikan. Agar petani yang berhenti akibat harga yang murah bisa kembali mengelola lahannya. Kasian petani, karena pertanian garam ini satu-satunya yang menjadi penghasilan, apalagi yang mengalami kerugian bulan kemarin,” keluhnya.

Hal senada disampaikan petani asal Kecamatan Pengarengan, Samsul Arif. Menurutnya, yang perlu diperhatikan bukan hanya soal kenaikan harga, tetapi terkait penyerapan garam petani. Sebab, sebagian warga masih mengkhawatirkan tentang pembatasan penyerapan garam rakyat. Apalagi, stok garam cukup banyak, lantaran ditimbun akibat harga murah.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perikanan dan Budidaya DKP Sampang M. Mahfud belum bisa memberikan keterangan mengenai kepastian kenaikan harga garam. Meski, upaya konfirmasi dilakukan melalui via pesan singkat hingga menghubungi langsung ke nomor ponselnya belum juga mendapat respon. (mal/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *