Fantastis, Honor Petugas Damkar Tembus Setengah Miliar Lebih

  • Whatsapp
Ketersediaan petugas pemadam kebakaran (Damkar) di Kabupaten Sampang, saling koordinasi untuk membendung kebakaran yang menimpa warga. (Foto: Jamaluddin)

KABAR SAMPANG | Honor petugas pemadam kebakaran (Damkar) di Kabupaten Sampang, cukup besar. Per tahun, dianggarkan Rp756 juta untuk 42 petugas non aparatur sipil negara (ASN). Petugas tersebut, dibagi dua lokasi. Yakni di Kecamatan Ketapang dan kota. Sedangkan, besaran honor setiap petugas sebesar Rp1,5 juta per bulan.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sampang Achmad Huzaini mengatakan, honor petugas damkar bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2021. Besaran honor yang diterima petugas, tidak sesuai atau kurang jika dibandingkan saat menangani kejadian kebakaran.

Bacaan Lainnya

“Kalau ada kebakaran gaji segitu kurang, tapi kalau tidak ada kebakaran nyaman,” ujarnya.

Menurutnya, kesigapan para petugas merupakan hal penting sebagai upaya atau langkah dalam melakukan pemadaman ketika ada kebakaran. Sebab, pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan. Namun, persoalan yang kerap terjadi yakni, lambat informasi dari masyarakat mengenai kejadian kebakaran di suatu daerah.

“Jika ada laporan melalui telepon, petugas yang jadwal kerja langsung terjun ke lapangan, bahkan ada yang telepon akal-akalan yang menginformasikan adanya kebakaran, namun ketika di cek ke lokasi tidak ada,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan, untuk sementara jumlah petugas masih memadai. Sebab, meski kerjanya bergiliran tetap mengutamakan kekompakan. Sehingga, ketika ada kejadian semua tim saling koordinasi. Untuk tahun 2020 kemarin, ada sebanyak 20 kejadian. Semua kejadian tersebut, mampu dibendung dengan baik.

“Jumlah pegawai yang ASN sekitar 8 orang, yang non ASN 42 dan dibagi di dua tempat, sebanyak 12 pegawai ada di Ketapang, 30-nya ada di Sampang selatan atau perkotaan. Dan 24 ini, kerjanya bergantian setiap jam kerja hanya 8 orang, dan 6 pegawai bertugas di roda dua,” jelasnya. (mal/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *