DPRD: Masyarakat Butuh Kepastian Pelaksanaan Sosialisasi Perbup Pilkades Serentak

  • Whatsapp
Komisi I DPRD Sampang, sering menerima aspirasi tentang jadwal pelaksanaan sosialisasi Pilkades serentak. (Foto: Fathor Rahman)

KABAR SAMPANG | Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sampang, sepertinya akan berlangsung dalam waktu dekat. Namun, hingga saat ini kepastian sosialisasi peraturan bupati (Perbup) belum ditentukan. Terutama, bagi masyarakat yang akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa. Yakni, di 111 desa yang sudah ditentukan akan melaksanakan pilkades tahun ini.

Padahal, sebelumnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang memastikan sosialisasi revisi peraturan bupati (Perbup) nomor 31 tahun 2019 tentang pedoman pencalonan, pemilihan, pengangkatan, pelantikan, dan pemberhentian kepala desa akan dilakukan dalam waktu dekat. Hanya saja, belum terealisasi.

Bacaan Lainnya

Hal ini diungkapkan Anggota Komisi I DPRD Sampang Aulia Rahman, Rabu (9/6/2021). Dia mengaku, sebelumnya sudah melakukan pertemuan dengan  DPMD dan sejumlah pihak terkait. Bahkan diakui, jika membahas tentang rencana sosialisasi revisi perbup.

“Hasil pertemuan kami menemukan titik terang. Jika rencana pelaksanaan pilkades serentak bisa digelar tahun ini. Bahkan sudah bisa dilakukan sosialisasi sejak tanggal 17 Juni 2021 ini,” ungkapnya.

Dikatakan, kepastian itu ditunggu oleh masyarakat luas. Banyaknya aspirasi yang diterima  tentang kepastian sosialisasi perbup. Sehingga, komitmen pemerintah soal penyelenggaraan pilkades tahun ini diharapkan banyak kalangan masyarakat.

“Semua sudah menunggu pilkades serentak bisa digelar tahun ini. Tanggal 17 Juni ini menjadi awal pertaruhan komitmen pemerintah. Karena, sejak tanggal itu sosialisasi sudah semestinya dilakukan,” tuturnya.

Politisi Partai Demokrat itu memastikan, jika tidak ada keputusan bulan ini diyakini akan banyak keributan. Sebab, tidak sedikit masyarakat yang sudah menunggu kepastian dari pemerintah. Apalagi, wacana diundur hingga tahun 2025 cukup meresahkan masyarakat.

Terpisah, Plt Kepala DPMD Sampang Chalilurrahman membenarkan, jika ada rencana sosialisasi perbup yang akan dilakukan secepatnya. Namun, pihaknya masih menunggu kebijakan hasil keputusan terbaru tentang  jadwal sosialisasi perbup yang akan dilakukan.

“Kami menunggu finalisasi jadwal sosialisasi. Sementara jadwal awal tanggal 17 Juni sudah bisa disosialisasikan. Namun kami masih menunggu keputusan selanjutnya,” responnya. (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *