Perbup Tuntas, DPMD Masih Kaji Anggaran Pilkades

  • Whatsapp
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun ini. (Foto: Fathor Rahman)

KABAR SAMPANG | Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sampang,  sepertinya akan berlangsung dalam waktu dekat. Bahkan, tahapan Pilkades bisa dimulai sejak bulan depan. Namun kepastian itu, masih masih menunggu sosialisasi hasil revisi peraturan bupati (Perbup) nomor 31 tahun 2019 tentang pedoman pencalonan, pemilihan, pengangkatan, pelantikan, dan pemberhentian kepala desa.

“Sosialisasi direncanakan akan dimulai dalam waktu dekat. Kemungkinan besar akan digelar tahun ini untuk pelaksanaanya. Kami, akan segera menjadwalkan sosialisasi aturan baru ini. Karena kami sudah konsultasi dengan biro hukum provinsi dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jatim,” ujar Plt Kepala DPMD Sampang Khalilurrahman, Minggu (6/6/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya,  beberapa waktu lalu sudah melakukan pertemuan dengan Komisi I DPRD Sampang. Hasil revisi, akan segera disahkan dan diundangkan. Selanjutnya, akan disosialisasikan ke sejumlah pihak terkait. Jika sosialisasi pilkades, bisa dilakukan sejak bulan Juni mendatang.

“Namun, kami masih menunggu sosialisasi yang bisa  dilakukan. Karena, ada beberapa hal yang masih dalam pembahasan pemerintah,” ucapnya.

Dia memaparkan, salah satu pembahasan yang masih dilakukan oleh pemerintah berupa anggaran. Sebab, kalkulasi anggaran membutuhkan dana Rp40 miliar. Sedangkan, anggaran yang dialokasikan sebelumnya hanya lebih dari Rp 10 miliar. Sehingga, masalah anggaran masih dalam proses kajian.

“Masalah anggaran ini yang masih dikaji. Sementara soal revisi perbup sudah selesai. Sehingga, sosialisasi akan dilakukan setelah semua pembahasan selesai,” paparnya.

Disinggung soal peserta pilkades serentak? Pihaknya memastikan, akan diikuti sebanyak 111 desa. Sebab, berakhirnya jabatan sejumlah kepala desa tertanggal 17 Desember 2021. Sehingga, jika dihitung mundur maka tahapan pilkades bisa dimulai sejak bulan Juni 2021.

“Mudah-mudahan segala masalah bisa cepat terselesaikan,” harapnya. (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *