PMI Terpapar Covid-19 Varian Baru Sembuh

  • Whatsapp
Ratusan PMI menjalani pemeriksaan ketat sebelum dipulangkan ke kampung halaman. (Foto: Fathor Rahman)

KABAR SAMPANG | Salah satu pekerja migran Indonesia (PMI) asal Sampang yang terpapar Covid-19 varian baru jenis B 1351, akhirnya bisa pulang kampung. Dia dinyatakan sembuh oleh tim medis setelah hasil pemeriksaannya negatif.

Sebelumnya, PMI asal Kecamatan Sokobanah itu mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. Sedikitnya ada dua PMI asal Sampang di rawat di rumah sakit tersebut. Mereka terpapar Covid-19 varian baru setelah diperiksa oleh tim kesehatan yang bertugas di Asrama Haji Surabaya saat menjalani karantina.

Bacaan Lainnya

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Sampang Agus Mulyadi mengungkapkan, hasil negatif tersebut melalui dua tahap uji swab PCR. Keduanya menyatakan negatif.

“Salah satu PMI dari dua yang dirawat sudah bisa pulang. Alhamdulilah menjalani tes swab selama dua kali hasinya negatif. Sehingga dinyatakan aman jika pulang ke keluarganya,” katanya.

Kepulangan mereka ke Sampang dijemput keluarganya. Namun sebelumnya tim medis Sampang sudah melacak keluarga mereka, untuk menjaga kemungkinan terjadinya penularan. Termasuk sejumlah masyarakat yang dipastikan akan melakukan kontak langsung dengan pasien.

Pihaknya juga memberikan pengarahan kepada keluarga pasien. Jika terjadi hal-hal yang mencurigakan segera melapor kepada tim medis. Sehingga segera dilakukan tindakan khusus.

Selain itu, tim medis tetap memantau dan mengawasi kemungkinan penyebaran varian baru Covid-19 tersebut. Pihaknya berharap masyarakat proaktif melaporkan kejadian yang memungkinkan berbahaya.

“Kami berharap masyarakat tetap waspada patuhi protokol kesehatan. Mencegah jauh lebih baik dari mengobati. Sehingga jaga jarak dan tidak berkerumun harus dilakukan,” imbuhnya. (man/waw) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *