Pembangunan Dua Puskesmas Tembus Rp15 Miliar

  • Whatsapp
Dua puskesmas di Kabupaten Sampang, akan dibangun dengan anggaran yang cukup fantastis tahun ini. (Foto: Fathor Rahman)

KABAR SAMPANG | Anggaran untuk pembangunan dua puskesmas di Kabupaten Sampang tahun ini cukup fantastis. Rencana pembangunan dua gedung yakni Puskesmas Kedungdung dan Sreseh tersebut dianggarkan Rp15 miliar. Bahkan, pekerjaan itu sudah dilelang di unit layanan pengadaan (ULP) layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) setempat.

Dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021 ini, ditarget selesai tahun ini. Rinciannya, Rp8 miliar untuk pembangunan Puskesmas Sreseh dan Rp7 miliar untuk Kedungdung. Dua proyek fisik itu, berada di bawah Kendali Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Sampang.

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Dinkes Dan KB Kabupaten Sampang Agus Mulyadi mengatakan, pembangunan dua puskesmas tersebut akan dibangun dua lantai sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas.

“Ini program pemerintah pusat, agar semua puskesmas standarnya lebih baik. Sehingga kami anggarkan puskesmas dengan anggaran cukup besar. Tahun ini hanya dua yang dibangun, “ ujarnya, Selasa (1/5/2021).

Dijelaskan, pembangunan puskesmas memang dilakukan setiap tahun secara bergiliran hingga 22 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Sampang memiliki bangunan sesuai standar. Tentunya, dengan anggaran yang sama-sama besar. Sehingga, pembangunan puskesmas dan standar merata.

Tim Teknis ULP Sampang, Syamsul mengatakan jika pembangunan itu dipastikan akan digelar tahun ini. Sebab, pengumuman lelang sudah dilakukan. Saat ini, masih tahap pengumuman pasca kualifikasi dan download dokumen. 

“Dipastikan, pembangunannya tahun ini. Dari 31 Mei hingga 3 Juni 2021 proses pemberian penjelasan dan upload dokumen penawaran,” responya. (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *