10 Paket Pelatihan di BLK Sampang Akan Direalisasikan Bulan Juli

  • Whatsapp

KABAR SAMPANG | Pelaksanaan kegiatan pelatihan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan beberapa waktu lalu belum bisa direalisasikan. Salah satu indikasinya, Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Sampang, masih dimanfaatkan untuk ruang isolasi par PMI.

Kepala Seksi (Kasi) Pelatihan dan Produktivitas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Sampang Lutfi mengatakan, rencana awal realisasi kegiatan pelatihan di BLK pada 19 Mei kemarin. Namun, akibat adanya kedatangan PMI, harus ditunda pada bulan berikutnya.

“Hal itu terjadi, karena adanya wabah Covid-19. Sebagai upaya untuk mencegah dan meminimalisir adanya penyebaran semua PMI harus dilakukan isolasi. Jadi, pelaksanaan pelatihan diundur sampai bulan Juni,” ujarnya, Kamis (20/5/21).

Menurutnya, terdapat 10 paket kegiatan pelatihan. Masing-masing, 4 paketg pelatihan jahit, 2 paket desain grafis, dan 1 paket pelatihan servis kendaraan ringan roda empat, 2 paket pelatihan masak dan 1 paket pelatihan las. Seluruh paket pelatihan berasal dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), dan dananya melalui BLK Sidoarjo.

“Minggu pertama Juni pelatihan akan dimulai, karena kegiatan PMI selesai akhir Mei. Untuk pendaftaran dibuka dari bulan Februari 2021 dan pesertanya lebih dari kuota yang ditentukan. Masing-masing paket hanya diambil 16 peserta. Sehingga, nanti akan ada sistem seleksi peserta,” jelasnya.

Rinciannya, terdapat 168 pendaftar pelatihan jahit, per paket akan diambil sebanyak 64 orang untuk dilatih. Sedangkan untuk pelatihan las, terdapat 35 pendaftar yang akan dilatih sebanyak 10 orang. Selanjutnya, untuk tata boga terdapat 58 pendaftar dan akan diambil 16 orang untuk dilatih.

“Untuk bordir ini sudah ada 24 pendaftar dan akan diambil 16 orang untuk dilatih. Terakhir, kendaraan ringan sudah ada 41 pendaftar dan akan diambil 16 orang,” tukasnya. (mal/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *